TEORI BELAJAR
1. Teori mencar ilmu ini berusaha memahami perilaku mencar ilmu dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Peran guru dalam teori ini ialah sebagai fasilitator bagi para siswa sedangkan guru menunjukkan motivasi , kesadaran mengenai makna kehidupan siswa. Teori ini termasuk aliran ....
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
2. Teori mencar ilmu yang berpendapat bahwa mencar ilmu bahasa pada hakikatnya hanyalah proses pengisian detil kaidah-kaidah atau struktur aturan-aturan bahasa ke dalam LAD yang sudah tersedia secara alamiah pada insan ialah teori mencar ilmu ….
A. Nativisme
B. Kognitivisme
C. Humanistik
D. Sosial
3. Aliran ini lebih menekankan bagaimana aktivitas pembelajaran menjadi menarik. Artinya , menerima perhatian dari akseptor didik diharapkan alat bantu. Alat bantu ini sejalan dengan perkembangan teknologi. Teori ini tergolong aliran … .
A. Humannistik
B. Behaviorisme
C. Sibernetik
D. Konstruktivime
4. Belajar ialah pembentukan kekerabatan antara stimulus dan respons , dan pengulangan terhadap pengalaman-pengalaman itu memperbesar peluang timbulnya respons benar. Pengulangan dalam mencar ilmu akan melatih daya-daya yang ada pada insan yang terdiri atas daya mengamat , menanggap , mengingat , mengkhayal , mencicipi , sampai berpikir yang akan membuat daya-daya tersebut berkembang. Hal ini sesuai dengan prinsip belajar...
A. Keterlibatan pribadi dan pandangan hidup
B. Perhatian dan motivasi
C. Keaktifan
D. Pengulangan
5. Siswa mencar ilmu sungguh-sungguh dan menerima nilai yang baik dalam ulangan. Nilai yang baik itu mendorong anak untuk mencar ilmu lebih giat lagi. Nilai yang baik dapat merupakan operant conditioning atau penguatan positif. Sebaliknya , anak yang menerima nilai yang jelek pada waktu ulangan akan merasa takut tidak naik kelas , alasannya takut tidak naik kelas ia terdorong untuk mencar ilmu lebih giat. Inilah yang disebut penguatan negatif. Pernyataan tersebut merupakan prinsip pembelajaran ....
A. Tantangan
B. Balikan atau penguatan
C. Perhatian dan motivasi
0 komentar:
Posting Komentar