Rabu, 26 Juli 2017

CONTOH RPP K13 REVISI 2017 INTEGRASI PPK LITERASI 4C DAN HOTS

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMA GA

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester            : X/ Gasal

Alokasi Waktu            : 2 x Pertemuan

(BACA JUGA CONTOH RPP TERBARU SESUAI PEDOMAN PENYUSUNAN RPP KURIKULUM 2013 REVISI 2017)

A.    Kompetensi Inti (KI)

KI 1 Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya.

KI 2 Memahami , menerapkan , menganalisis pengetahuan faktual , konseptual , prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan , teknologi , seni , budaya , dan humaniora dengan wawasan kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian , serta menerapkan  pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 3 Memahami , menerapkan , menganalisis pengetahuan faktual , konseptual , prosedural berdasarkan rasa ingintahunya perihal ilmu pengetahuan , teknologi , seni , budaya , dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan , kebangsaan , kenegaraan , dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian , serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4 Mengolah , menalar , dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara berdikari , dan bisa menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator
3.3  Menganalisis struktur , isi (permasalahan , argumentasi , pengetahuan , dan rekomendasi) , kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca

3.3.1        Mengidentifikasi struktur teks eksposisi

3.3.2        Mengindentifikasi karakteristik isi teks eksposisi

3.3.3   Mengindentifikasi kebahasaan teks eksposisi
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan , argumen , pengetahuan , dan rekomendasi) teks eksposisi secara ekspresi dan / tulis.

4.3.2    Mengindentifikasi banyak sekali jenis teks eksposisi berdasarkan contoh
4.3.2        Mengindentifikasi topik-topik yang layak dikembangkan menjadi teks eksposisi
4.3.3        Mengumpulkan materi sesuai topik yang dipilih
4.3.4        Menyusun kerangka teks eksposisi berdasarkan topik yang dipilih
4.3.5    Mengembangkan kerangka Teks eksposisi

C.    Materi Pembelajaran

Isi teks eksposisi:

·         pernyataan tesis;

·         argumen

·         pernyataan ulang; dan

·         kebahasaan

                 Komentar terhadap:

Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).


D.    Metode Pembelajaran


 Metode            :    diskusi ,  tanya jawab , penugasan

 Model               :   Discovery Learning


E.     Kegiatan Pembelajaran

Tahapan Pembelajaran
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan

·      Peserta didik merespon salam tanda syukur pada anugerah Tu­han dan saling mendoakan. (PPK)
·      Peserta didik merespon pertanyaan guru berkait dengan pembelajaran sebelumnya.
·      Peserta didik proaktif mendapatkan informasi perihal keter­kaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·     Peserta didik mendapatkan informasi perihal hal-hal yang akan dipela­jari khususnya perihal jenis teks eksposisi , struktur , isi , dan kebahasaan.

10
Inti
Stimulation (stimulasi/pemberian rangsang)
·      Peserta didik menyaksikan tayangan video perihal pola acara wirausaha hasil peternakan  sapi perah ( potensi daerah) (Literasi Media)
·      Peserta didik membaca teks eksposisi (literasi)
·     Peserta didik mendiskusikan konsep perihal struktur teks eksposisi

70
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
·      Peserta didik mencermati struktur teks eksposisi yang telah dibacanya.
·      Peserta didik mengidentifikasi ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks eksposisi.
·     Peserta didik mencermati isi pokok teks eksposisi
Data collection (pengumpulan data)
·      Peserta didik mendiskusikan struktur teks eksposisi dari teks   eksposisi yang dibaca dengan sobat satu meja. (4C)
·      Peserta didik mendiskusikan ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks eksposisi dengan sobat satu meja.
·      Peserta didik mendiskusikan isi pokok teks eksposisi dengan sobat satu meja.
Data processing /pengolahan data
·      Peserta didik menyimpulkan struktur teks eksposisi yang dibaca.
·      Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks eksposisi
·      Peserta didik menyimpulkan isi pokok teks eksposisi
Verification (pembuktian) , Generalization
·      Peserta didik berdiskusi dengan sobat sebangku atau berpasangan untuk menyusun teks eksposisi dengan pola penyajian yang berbeda.
·      Peserta didik mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun , (4C)
Penutup

·      Peserta didik melaksanakan konfirmasi dengan guru perihal struktur teks dan unsur kabahasaan teks eksposisi , serta pola penyajian teks eksposisi.
·      Peserta didik mendapatkan penjelasan peran mencari pola teks eksposisi untuk berlatih menganalisis struktur dan kaidah kebahasaannya.
·      Siswa dan guru mengakhiri acara mencar ilmu mengajar dengan mengucap syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa. (PPK)
10


F.     PENILAIAN , PEMBELAJARAN REMEDIAL , DAN PENGAYAAN

1.      Teknik Penilaian

a. .Penilaian Pengetahuan

1) Teknik Penilaian               : Tes Tertulis

2 )Bentuk instrument            : Uraian

4)      Kisi-kisi

5)      Soal

6)      Kunci Jawaban

7)      Skor

b.      Penilaian Keterampilan

c.       Penilaian Sikap

2.         Pembelajaran Remedial

Tulis acara pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:

           pembelajaran ulang

           bimbingan perorangan

           belajar kelompok

           pemanfaatan tutor sebaya

bagi penerima didik yang belum mencapai ketuntasan mencar ilmu sesuai hasil analisis penilaian.

3.         Pembelajaran Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian , penerima didik yang sudah mencapai ketuntasan mencar ilmu diberi acara pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi) antara lain dalam bentuk peran mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan lebih tinggi , meringkas buku-buku acuan dan mewawancarai narasumber.

G.Media/Alat , Bahan , dan Sumber Belajar

3.2.1.1 Media                                   : Video

3.2.1.2 Alat dan bahan                   : Teks Eksposisi

3.2.1.3 Sumber Belajar                   :

·         Buku Bahasa Indonesia SMA Kelas X

·         Internet



Mengetahui
….. , …………………..
Kepala …….




....................................................
NIP ………………………………..


Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



Dra. Asih
………………………………………..



Lampiran :


1.      Materi

1.1     Pengertian teks eksposisi adalah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat , padat , dan akurat. Paragraf eksposisi ini bersifat Ilmiah atau dapat dikatakan non fiksi.



1.2     Jenis-Jenis Teks Eksposisi

1.2.1        Eksposisi definisi

1.2.2        Eksposisi Proses

1.2.3        Eksposisi Klasifikasi

1.2.4        Eksposisi Ilustrasi

1.2.5        Ekskposisi Perbandingan

1.2.6        Eksposisi Laporan 

1.3     Ciri-Ciri Teks Eksposisi 

1.3.1        Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan 

1.3.2        Gaya informasi yang mengajak 

1.3.3        Penyampaian secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku 

1.3.4        Tidak memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca 

1.3.5        Fakta dibakai sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi 

1.4     Struktur Teks Eksposisi

1.4.1        Tesis (Pembukaan)

1.4.2        Argumentasi (Isi)

1.4.3        Penegasan Ulang (Penegasan ulang)

1.5     Tujuan Teks Eksposisi

Tujuan teks eksposisi ialah untuk memaparkan atau menjelaskan infomasi-informasi tertentu sehingga pengetahuan para pembaca bertambah.


1.6 Contoh Teks Eksposisi

Mangga dan Agroklimat

Mangga ialah tanaman buah dengan tingkat ketergantungan yang tinggi pada agroklimat. Ada tanaman buah yang tidak begitu tergantung pada faktor agroklimat , misalnya nangka dan alpukat. Ada juga yang tingkat ketergantungannya pada agroklimat sangat tinggi , misalnya apel. Hampir tak ada tanaman yang dapat seratus persen bebas dari faktor agroklimat , kecuali tanaman itu dibudidayakan dalam green house yang tersolir dari udara luar dan lengkap dengan pengatur suhu dan kelembapan. Mangga memang tanaman buah tropis , tetapi beliau justru tidak menyukai kelembapan dan curah hujan yang tinggi. Itulah sebabnya buah itu kemudian dibudidayakan di daerah guru menyerupai Meksiko , Mesir , dan Israel , atau di daerah subtropis menyerupai Australia dan Taiwan. Pokoknya , semakin kering dan panas suatu daerah , tanaman mangga semakin menyukainya. Di Indonesia pun mangga hanya dapat tumbuh baik di dataran rendah dengan curah hujan sedikit menyerupai Indramayu , Pasuruan , dan Probolinggo 

Meskipun menyukai daerah kering dengan udara panas , mangga tetap memerlukan banyak air. Unsur utama untuk membentuk buah memang air , udara (CO2) dan unsur hara. Dari tiga unsur tersebut , air diharapkan tanaman mangga dalam jumlah paling banyak. Oleh karena itu , meskipun udara di Pasuruan dan Probolinggo cukup panas dan kering , air tanahnya cukup dangkal sehingga cocok untuk tanaman mangga. Di luar Jawa , daerah yang agroklimatnya menyerupai itu antara lain di daerah lembah palu. 

Di dataran rendah yang kering , tanaman mangga dapat mendapatkan sinar matahari selama 12 jam penuh sepanjang tahun. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah. Semakin intensif sinar matahari , semakin manis buah yang dihasilkan. Itulah sebabnya daerah gurun dapat menghasilkan buah mangga yang cukup manis. Dengan sinar matahari penuh selama 12 jam , tanaman mangga dapat leluasa membentuk karbohidrat dan gula. 

Indonesia yang terletak di daerah tropis memang mempunyai banyak variasi agroklimat. Ada daerah yang ekstrem kering , ada juga yang ekstrem basah. Ada dataran tinggi yang hambar , ada pula dataran rendah yang panas. Kontur berair yang menggelombang dan berbukit-bukit juga menguntungkan karena memudahkan sistem pengairan dengan menggunakan sistem gravitasi-namun menggunakan mesin-mesin yang berat. Akan tetapi , secara keseluruhan , agroklimat di Indonesia sangat menguntungkan bagi pengembangan agrobisnis modern. 

Kondisi agroklimat yang menguntungkan itu adakala justru bisa berbalik menjadi ancaman. Selama ini kita selalu membanggakan tanah air kita yang subur dan makmur. Kita juga membanggakan jumlah koleks plasma nutfah mangga kita yang mencapai peringkat nomor dua di dunia setelah India. Akan tetapi , belakang layar Thailand , Mesir , Taiwan , dan Australia mengebunkannya. Di Australia tersedia lahan yang sangat luas , modal yang sangat besar , teknologi yang sangat canggih , dan agroklimat yang cocok untuk mangga.

1.6      

Isi teks eksposisi:

·         pernyataan tesis;

·         argumen

·         pernyataan ulang; dan

·         kebahasaan


                 Komentar berisi:

Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).

2.      Lembar Kerja Penilaian

a.Kisi-kisi

No
Indikator
Butir Soal
1
Disediakan teks eksposisi , siswa dapat mengidentifikasi struktur teks eksposisi
Jelaskan bagian-bagian dari teks eksposisi!

2
Disediakan teks eksposisi siswa dapat mengindentifikasi karakteristik isi teks eksposisi
Sebutkan ciri-ciri isi dari teks eksposisi!


3
Disediakan teks eksposisi siswa dapat mengindentifikasi kebahasaan teks eksposisi

Jelaskan ciri khas kebahasaan dari teks eksposisi!

4
Disediakan teks eksposisi siswa dapat mengindentifikasi banyak sekali jenis teks eksposisi berdasarkan contoh.

Jelaskan ciri-ciri tiap jenis teks eksposisi!

5
Disediakan teks eksposisi siswa dapat mengindentifikasi topik-topik yang layak dikembangkan menjadi teks eksposisi.

Buatlah daftar  berisi topik  yang bisa dikembangkan menjadi teks eksposisi!

6
Disediakan teks eksposisi siswa dapat menyusun kerangka teks eksposisi berdasarkan topik yang dipilih

Susunlah kerangka teks eksposisi berdasarkan topik yang Anda pilih!
(HOTS)
7
Disediakan teks eksposisi siswa dapat menyebarkan kerangka teks eksposisi


Kembangkan kerangka yang Anda susun menjadi teks eksposisi!
(HOTS)


b.Kunci Jawaban
                                  i.              Teks eksposisi perihal Ekonomi

Ekonomi Indonesia

Tesis

Ekonomi Rakyat ialah “kegiatann ekonomi rakyat banyakk”. Jika dikaitkan dengan kegiatann pertanian , maka yang dimaksudd dengan kegiatann ekonomi rakyat ialah kegiatann pertanian , maka yang dimaksud dengan acara ekonomii rakyat ialah acara ekonomi petanii atau petternak atau nelayan kecil , petani gurem , nelayan tanpa perahu , petani tanpa tanah dan sejenisnya; dan bukan peternak besar , MNC pertanian , perkebunan dan sejenisnya.

Argumentasi

Perspektiff lain dari ekonomi rakyat ddapat pula dilihat dengann menggunakan perspektif jargon:”ekonomi darii rakyat , oleh rakyatt , dan untuk rakyat”

“Dari rakyat” , berartii acara ekonomi ituu berkaitan dengan penguasaann rakyat dan aksesibilitas rakyatt terhadap sumber daya ekonomii. Rakyat menguasai dan memilikii hak atas sumber dayaa untuk mendukung kegiatann produktif dan konsumtifnyaa.

“Oleh Rakyat” , berrarti proses produksi dan konsumsii dilakukan dan diputuskan oleh rakyatt. Rakyat memiliki hak atass pengelolaan prosess produktif dan konsumtif tersebutt. Berkaitan dengan sumberdayaa (produktif dan konsumtif) , rakyat mempunyai alternatif untukk memilih dan menentuukan sistem pemanfaatann , menyerupai berapa banyak jumlahh yang harus dimanfaattkan , siapa yang memanfaatkann , bagaimana proses pemanfaatannyaa , bagaimana menjagaa kelestariann bagi proses pemanfaatann berikutnyaa , dan sebagainya.

“Untuk rakyat” , berarti rakyat banyakk merupakan ‘beneficiaries utama dari setiapp acara produksii dan konsumsi. Rakyat mendapatkan manfaatt , dan indikator kemanfaatan palingg utama ialah kepentingann rakyat.

Penegasan Ulang

Dalam hal ini butuh pula dikemukakan bahwaa ekonomi rakyat bisa berkaitan dengan siapa saja , dalam arti bahwa acara transaksi bisa dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tak ada pembatasann mengenai besarann , jenis produk , permodalan , sifat perjuangan dan sebagainya. Ekonomi rakyatt tidak ekslusif tetapi inklusif dan terbbuka. Kendati demikian , sifat fundamental diatas telahh pula menciptakann suatu sistem ekonomii yang terdiri darii pelaku ekonomi , norma , komitmen dan mekanisme transaksi , yang umumnya telah memfasilitasi ekonomii rakyat untuk bisa bertahan hidup dan berkembang sejalann dengan perkembangan sosiall ekonomi masyarakatnnya.

                                 ii.              Ciri-ciri teks eksposisi

2.1  Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan 

2.2  Gaya informasi yang mengajak 

2.3  Penyampaian secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku 

2.4  Tidak memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca 

2.5  Fakta dibakai sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi 


                              iii.              Ciri Kebahasaan  teks eksposisi:
3.1Bersifat nonfiksi/ilmiah: teks eksposisi memaparkan informasi atau pengetahuan sering kali dilengkapi dengan  pendapat para ahli , contoh , dan fakta-fakta.

3.2  Bersifat informatif/menjelaskan /memaparkan: teks eksposisi bertujuan memberikan informasi atau penjelasan  dengan cara mengembangkan gagasan dengan harapan pembaca benar-benar mengetahui informasi atau penjelasan  yang disampaikan itu.

3.3  Berdasarkan fakta: teks eksposisi menggunakan fakta-fakta untuk membuat rumusan dan kaidah yang dikemukakan  itu lebih konkret.

3.4  Tidak memengaruhi: teks eksposisi tidak berusaha untuk memengaruhi pendapat orang lain , tetapi berusaha  menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang  setelah membaca uraiannya.

3.5  Sering menggunakan kata pronomina (kita atau saya).

3.6  Menggunakan istilah.

3.7  Menggunakan bahasa baku.

3.8  Akhir teks berupa penegasan: bagian akhir dari teks eksposisi berupa penguatan kembali atau penegasan terhadap pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta.

                              iv.              Topik-topik yang bisa dikembangkan menjadi teks eksposisi

·           Gempa di yogyakarta.

·           Terjadinya tsunami di aceh.

·           Mengapa belanda ingin menyerang indonesia.

      c.Skor Penilaian

1)    Penskoran

No.
Aspek Penilaian
1.
Isi
Struktur teks
Kosakata
Kalimat
Mekanik

30
20
20
20
10















0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...