PENGEMBANGAN PROPOSAL/RTL DAN LAPORAN INOVASI GURU DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA DI SEKOLAH
Oleh:
Wawan Darmawan
Cepi Safruddin Abd. Jabar[1]
PENDAHULUAN
Dalam pelaksanaan penguatan pendidikan abjad (PPK) di sekolah , setiap guru sesuai dengan bidang kompetensinya memiliki pengalaman tersendiri. Mereka dengan segala keahlian , kreativitas dan inovasinya mengembangkan pembelajaran yang mengandung muatan pendidikan abjad , baik di kelas , sekolah , maupun di lingkungan masyarakat. Dengan proses pendidikan yang mengandung penguatan pendidikan abjad ini diharapkan tumbuh student sense of place , yaitu kepekaan siswa terhadap lingkungan , mencakup kepekaan pada lingkungan sekolah , lingkungan masyarakat , lingkungan alam , dan lingkungan budaya setempat.
Menumbuhkan kepekaan yang berkarakter tersebut , guru berusaha untuk membuat inovasi pembelajaran dengan cita-cita selain aspek pengetahuan tercapai , nilai-nilai yang berkarakter juga terbentuk , baik afeksi maupun psikomotor akseptor didik. Oleh alasannya itu , untuk mengembangkan pendidikan abjad diharapkan pendekatan pembelajaran yang memungkinkan unsur-unsur abjad menjadi episode dari proses pembelajaran di dalam kelas. Pendidikan abjad harus menjadi episode dari aktivitas pembelajaran di kelas , yaitu dengan memasukkan atau menyisipkannya (infusing) ke dalam pengembangan pembelajaran dan menyelaraskannya dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) pada semua mata pelajaran , sebagaimana tercantum dalam Kurikulum 2013) (Darmawan , 2015).
Kegiatan penguatan pendidikan abjad dengan inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para guru di kelas , mungkin saja ada yang tidak teradministrasikan , mulai dari perencanaan , pelaksanaan hingga pada penyusunan laporan pelaksanaan. Dengan demikian tidak mengherankan kalau PPK yang dikembangkan guru di dalam kelas atau sekolah tidak terpola , tidak dapat diketahui hasilnya atau dampak yang ditimbulkan alasannya tidak dibuat target-target dalam pencapaiannya. Untuk itu , dalam memudahkan perencanaan aktivitas inovasi pembelajaran yang berkarakter sebagai episode dari jadwal PPK , maka melalui aktivitas “Bimbingan Teknis Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa bagi Guru Pendidikan Menengah” , kami menyusun panduan penyusunan Proposal atau Rencana Tindak Lapangan (RTL). Bagi rekan guru yang sudah melakukan pendidikan abjad , dapat menyesuaikan dengan komponen proposal atau RTL berikut ini. Demikian juga dengan laporan pelaksanaan pengembangan abjad kami sajikan di sini.
KOMPONEN PROPOSAL
A. Judul
Judul yang baik ialah judul yang bisa menggambarkan permasalahan yang dihadapi dan tujuan yang ingin dicapai dari inovasi yang akan dijalankan guru di kelas , ataupun di lingkungan sekolah , bahkan di rumah. maka dari itu , judul sebaiknya memuat gosip inovasi yang dijalankan , serta maksud/tujuan yang ingin dicapai dengan menjalankan inovasi tersebut.[t1]
B. Latar belakang
Dalam episode ini penulis/pengusul harus menjelaskan permasalahan apa yang dihadapi oleh penulis/pengusul di kelas ataupun di sekolah. hindari menguraikan permasalahan umum yang sebetulnya tidak terjadi dalam keseharian di sekolah/kelas. Pengusul bisa mengungkap beberapa peristiwa atau fenomena yang menjadikan pentingnya pendidikan abjad yang perlu diterapkan di kelas atau dalam pembelajaran/di sekolah. Situasi dan kondisi itu harus menjelaskan situasi terakhir yang terjadi di kelas , sekolah dan atau di lingkungan di mana pengusul bekerja/berdomisili terkait dengan pendidikan abjad , disertai contoh-contoh dari problem tersebut. Perlu juga dielaborasi sejauhmana guru telah menyelenggarakan pendidikan abjad bangsa hingga ketika ini. Uraikan apa saja capaian yang telah diraih selama aktivitas penanamkan pendidikan abjad , dan apa saja hambatannya sehingga diharapkan rencana tindak ke depan. [t2]
--------
Mengacu pada uraian latarbelakang di atas , pada episode selesai pengusul merumuskan permasalahan abjad bangsa yang akan dipecahkan melalui inovasi yang ditawarkan. Lazimnya rumusan problem ini ditulis dalam bentuk pernyataan pertanyaan.[t3]
---------
Inovasi yang ditawarkan merupakan suatu langkah yang diambil oleh pengusul dalam rangka memecahkan permasalahan (menjawab rumusan masalah) yang dihadapi di dalam kelas.
Pada episode ini juga harus tergambarkan bentuk inovasi apa yang diusulkan dan berikan deskripsi singkat mengapa inovasi yang demikian bisa mengatasi problem yang terjadi (khususnya pendidikan karakter).
D. Tujuan
Patut dicatat , bahwa tujuan yang ingin dicapai ialah untuk memecahkan permasalahan abjad yang telah diungkapkan pada rumusan problem yang dituliskan sebelumnya[t5] .
E. Manfaat
Sebutkan dengan ringkas apa manfaat kongkrit untuk jangka pendek , menengah dan jangka panjang kalau inovasi yang diimplementasikan di sekolah. Manfaat mencakup keuntungan yang didapatkan dari inovasi yang ditawarkan dalam pembentukan pendidikan abjad bangsa.
F. Sumberdaya pendukung
Dijelaskan dengan kongkrit dan detail wacana sumberdaya apa saja yang dibutuhkan atau digunakan yang memungkinkan inovasi pendidikan abjad yang ditawarkan dapat dilaksanakan dengan baik.
G. Alur pikir dan Strategi Implementasi
Uraian alur pikir bisa digambarkan dengan sebuah peta konsep/diagram/gambar. Pada episode taktik implementasi , urutkan dan deskripsikan tahapan aktivitas pelaksanaan/penerapan pendidikan abjad bangsa yang akan dilaksanakan oleh guru di kelas. Deskripsi taktik implemetasi bisa juga menggunakan tabel atau diagram yang menjelaskan tahapan kegiatan/pelaksanaan.[t6]
H. Rangkuman/Simpulan
Dalam episode rangkuman ini tuliskan kembali hal-hal di atas dalam bahasa yang lebih ringkas tentang permasalahan , proses dan hasil yang ditemukan. [t7]
Selain menyusun proposal , guru juga dapat menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL). Adapun format rencana tindak/action plan adalah sebagai berikut.
SISTEMATIKA RENCANA TINDAK LANJUT
1. Judul/tema: Judul/tema yang dipilih dianggap bisa menggambarkan permasalahan dan inovasi penguatan pendidikan abjad di kelas/sekolah. Di sini memuat inovasi penanaman abjad atau inovasi pembelajaraan dikembangkan[t8] .
2. Nilai abjad yang dikembangkan: merumuskan nilai yang relevan dengan judul atau tema yang telah ditentukan
3. Tujuan dan manfaat: Rumusan tujuan menggambarkan hasil yang diinginkan dari inovasi yang direncanakan. Manfaat mencakup keuntungan yang didapatkan dari inovasi pendidikan abjad bangsa yang terwujud dalam membuatkan bentuk.
4. Indikator yang diharapkan: memuat secara spesifik indikator-indikator abjad akan dikembangkan. Untuk itu di dalam episode ini dituliskan bagaimana kondisi awal dan target capaian yang ingin diraih
5. Tahapan implementasi inovasi pendidikan karakter: Urutkan dan deskripsikan tahapan implementasi dari inovasi pendidikan abjad yang akan dilaksanakan oleh guru di kelas.
6. Permasalahan yang muncul: pada episode ini dijelaskan secara detail permasalah-permasalah yang muncul selama implementasi inovasi pendidikan abjad dikembangkan guru di sekolah
7. Pemecahan masalah: menggambarkan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru atau orang yang terlibat dengan penguatan pendidikan abjad sesuai dengan permasalahan yang muncul.
8. Sumber daya pendukung: menguraikan sumber-sumber daya pendukung pada penguatan pendidikan abjad yang akan dikembangkan , baik manusianya , akseptor didik , orang bau tanah , dan masyarakat. Daya dukung ini juga dapat berupa sarana prasaran yang memperlihatkan pengaruh yang berpengaruh pada pelaksanaan inovasi PPK.
9. Waktu Pelaksanaan: gambaran waktu pelaksanaan dari Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah yang akan dilaksanakan oleh guru.
10. Berikut ini pola RTL.
RENCANA TINDAK LANJUT (RTL)
INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH
Nama : ………………………………
Sekolah : ………………………………
Kab/Kota : ………………………………
Provinsi : ………………………………
Judul Inovasi PPK/RTL: “Peningkatan Kedisiplinan Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Kuis”
No | Permasalahan | Tujuan | Nilai Karakter yg Dikembangkan | Indikator Keberhasilan | Tahapan Implementasi Inovasi | Pemecahan Masalah | Sumber Daya Pendukung | Waktu Pelaksanaan | |
Kondisi Awal | Target Capaian | ||||||||
1 | Angka keterlambatan siswa datang di sekolah cukup tinggi | Meningkatkan tingkat kedisiplinan siswa datang sempurna waktu di sekolah | Disiplin | Rata-rata Kehadiran siswa perminggu 80% | Rata-rata kehadiran siswa perminggu 100% | 1. Menginformasikan aktivitas kuis kepada seluruh siswa dan orang tua 2. Menyusun soal kuis yang berbasis bahan bahasa Indonesia 3. Melaksanakan kuis 4. Mengolah hasil kuis 5. Mengumumkan | 1. mengapresiasi bagi yang hadir sempurna waktu 2. mengganti bentuk kuis 3. menambah kuis banyak yg terlambat | Guru , orang bau tanah , dan komite sekolah | 4 bulan |
2. | dst | | | | | | | | |
Jogyakarta , 3 Mei 2017
Guru Mapel
Wawan Darmawan M.Hum
LAPORAN KEGIATAN
Berikut ini format laporan pelaksanaan aktivitas inovasi pembelajaran yang dikembangkan.
A. Cover
B. Lembar Pengesahan
Laporan yang dibuat harus diberi pengukuhan oleh Kepsek dan Pengawas)[t9]
C. Kata Pengantar
D. Daftar Isi
E. Bab I Pendahuluan: berisikan uraian Latarbelakang , Rumusan Masalah , Tujuan , dan Manfaat.
F. Bab II Metode Pelaksanaan Pendidikan Karakter
Berisikan uraian wacana Inovasi yang ditawarkan , alur pikir dan taktik implementasi , sumber daya pendukung , serta evaluasi pelaksanaan penguatan nilai karakter.
G. Bab III Pelaksanaan Tahapan Inovasi Pembelajaran: Menguraikan bagaimana tahapan implementasi yang sudah direncanakan dijalankan di sekolah/kelas sesuai dengan RTL. Jelaskan pula permasalahan yang ditemui ketika RTL dijalankan dan jelaskan bagaimana menyelesaikannya. Bagaimana tindakan yang dijalankan dievaluasi , dan bagaimana tindaklanjutnya. Deskripsikan secara detail bagaimana hasil bisa diperoleh , dan menyerupai apa hasilnya.
H. Simpulan
Uraikan secara ringkas bagaimana permasalahan yang dihadapi dan bagaimana inovasi yang ditawarkan itu dijalankan. Jelaskan pula secara ringkas hasil yang diperoleh dari penerapan inovasi tersebut.[t10]
Catatan:
Untuk laporan progress report/kemajuan , format laporan sebagai berikut[t12] . Pelaksanaan Tahapan Inovasi Pembelajaran: Perencanaan sesuai dengan RTL , Kegiatan dan Waktu Pelaksanaan , Permasalahan yang Muncul , Upaya Penyelesaian Masalah , dan Hasil yang Dicapai serta Lampiran (sebagai bukti).
[1] Disampaikan dalam aktivitas “Bimbingan Teknis Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa bagi Guru Pendidikan Menengah tanggal 3-10 Mei 2017 , di Jakarta dan Yogyakarta”.
0 komentar:
Posting Komentar