MODUL E
KOMPETENSI PEDAGOGIK
TIK DALAM PEMBELAJARAN
TIK DALAM PEMBELAJARAN
PENULIS: HARI WIBOWO dkk.
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun 2016
Kompetensi dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Inti | Kompetensi Guru | Indikator Pencapaian Kompetensi |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik. | 4.5. Menggunakan media pembelajaran dan sumber mencar ilmu yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | 4.5.1. Mengidentifikasi media pembelajaran dan sumber mencar ilmu yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. 4.5.2. Memanfaatkan media pembelajaran dan sumber mencar ilmu yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. |
5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yang diampu. | 5.1.2 Menjelaskan TIK untuk pembelajaran daring/online 5.1.3.Mengaplikasikan TIK untuk pembelajaran daring/online | |
24.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi | 24.1. Menjelaskan tools moodle pembelajaran daring/online 24.1.2.Memanfaatkan TIK/moodlesebagai media komunikasi pembelajaran |
MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pengertian Media Pembelajaran
Media ialah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke peserta sehingga dapat merangsang pikiran , perasaan , perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses mencar ilmu terjadi.
Memahami karakteristik banyak sekali media pengajaran merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik dalam kaitannya dengan keterampilan pemilihan media pengajaran.
B. kriteria yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran
1. Tujuan
Apa tujuan pembelajaran dan kompetensi yang ingin dicapai? Apakah tujuan itu masuk tempat kognitif , afektif , psikomotor atau kombinasi ketiganya? Jenis rangsangan indera apa yang ditekankan: apakah penglihatan , indera pendengaran , atau kombinasinya? Jika visual , apakah perlu gerakan atau cukup visual diam?
2. Sasaran Didik
Siapakah sasaran didik yang akan menggunakan media? Bagaimana karakteristik mereka , berapa jumlahnya , bagaimana latar belakang sosialnya , apakah ada yang berkelainan , bagaimana motivasi dan minat belajarnya? dan seterusnya.
3. Karakteristik media yang bersangkutan
Bagaimana karakteristik media tersebut? Apa kelebihan dan kelemahannya? Sesuaikah media yang akan kita pilih itu dengan tujuan yang akan dicapai?
4. Waktu
Yang dimaksud waktu ialah berapa lama waktu yang diharapkan untuk mengadakan atau membuat media yang akan kita pilih , serta berapa lama waktu yang tersedia atau yang kita miliki.
5. Biaya
Faktor biaya menjadi kriteria yang harus kita pertimbangkan. Berapa biaya yang kita perlukan untuk membuat , membeli atau meyewa media tersebut? Dapatkah kita mengusahakan biaya tersebut/apakah besarnya biaya seimbang dengan tujuan mencar ilmu yang hendak dicapai?
6. Ketersediaan
Kemudahan dalam memperoleh media juga harus menjadi pertimbangan kita. Adakah media yang kita butuhkan itu tersedia di sekitar kita , di sekolah atau di pasaran
7. Konteks penggunaan
Konteks penggunaan maksudnya ialah dalam kondisi dan seni administrasi bagaimana media tersebut akan digunakan. Misalnya , apakah untuk mencar ilmu individual , kelompok kecil , kelompok besar atau massal?
8. Mutu Teknis
Kriteria ini terutama untuk memilih/membeli media pembelajaran siap pakai yang telah ada. Misalnya aktivitas audio , video , grafis atau media cetak lain. Bagaimana mutu teknis media pembelajaran tersebut , apakah visualnya terperinci , menarik dan cocok? Apakah suaranya terperinci dan enak didengar?
C. Jenis Media Pembelajaran
Dilihat dari sifatnya , media dapat dibagi atas:
1) Media auditif , yaitu media yang hanya dapat didengar saja , atau media yang hanya memiliki unsur bunyi , ibarat radio dan rekaman suara.
2) Media visual , yaitu media yang hanya dapat dilihat saja , tidak mengandung unsur suara. Jenis media yang tergolong ke dalam media visual adalah: film slide , foto , transparansi , lukisan , gambar , dan banyak sekali bentuk materi yang dicetak ibarat media grafis dan sebagainya.
3) Media audiovisual , yaitu jenis media yang selain mengandung unsur bunyi juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat , misalnya , rekaman video , banyak sekali ukuran film , slide bunyi , dan sebagainya. Kemampuan media ini dianggap lebih baik dan lebih menarik karena mengandung kedua unsur jenis media yang pertama dan kedua.
Dilihat dari kemampuan jangkauannya , media dapat dibagi ke dalam:
1) Media yang memiliki daya liput yang luas dan serentak ,seperti radio dan televisi. Melalui media ini peserta didik dapat mempelajari hal-hal atau kejadian-kejadian yang kasatmata secara serentak tanpa harus menggunakan ruangan khusus.
2) Media yang mempunyai daya liput yang terbatas oleh ruang dan waktu , ibarat film slide , film , video , dan sebagainya.
D. Manfaat media pembelajaran
Secara umum manfaat media pembelajaran menurut Harjanto (1997 : 245) ialah :
1) Memperjelas penyajian pesan supaya tidak terlalu verbalistis (tahu kata – katanya , tetapi tidak tahu maksudnya)
2) Mengatasi keterbatasan ruang , waktu dan daya indera. Dengan menggunakan media pembelajaran yang sempurna dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif siswa.
3) Dapat mengakibatkan persepsi yang sama terhadap suatu masalah.
4) Selanjutnya menurut Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4) yaitu
5) Membuat konkrit konsep yang ajaib , misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
6) Membawa obyek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
7) Manampilkan obyek yang terlalu besar , misalnya pasar , candi.
8) Menampilkan obyek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
9) Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat.
10) Memungkinkan siswa dapat berinteraksi pribadi dengan lingkungannya.
11) Membangkitkan motivasi belajar
12) Memberi kesan perhatian individu untuk seluruh anggota kelompok belajar.
13) Menyajikan informasi mencar ilmu secara konsisten dan dapat diulang maupun disimpan menurut kebutuhan.
14) Menyajikan informasi mencar ilmu secara serempak (mengatasi waktu dan ruang)
15) Mengontrol arah maupun kecepatan mencar ilmu siswa.
E. Fungsi media pembelajaran ialah sebagai berikut.
1. Fungsi Atensi
Fungsi atensi media visual merupakan inti , yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
2. Fungsi Afektif
Media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa dikala mencar ilmu (atau membaca) teks yang bergambar. Gambar atau lambang visual dapat menggugah emosi dan sikap siswa , misalnya informasi yang menyangkut problem sosial atau ras.
3. Fungsi Kognitif
Fungsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaiaan tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
4. Fungsi Kompensatoris
Fungsi kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang menunjukkan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.
F. Memanfaatkan TIK dalam Berkomunikasi dan Pengembangan Diri
Berikut ini akan disajikan empat jenis komunikasi di dunia maya yang bisa dilakukan , yaitu komunikasi menggunakan atau memanfaatkan akomodasi e-mail , milis , chatting dan facebook.
1) e-mail
e-mail yaitu surat elektronik. Surat elektronik ialah surat yang dibuat , dikirim dan diterima tidak dalam bentuk fsik berupa kertas akan tetapi dalam bentuk data elektronik yang dibuat , dikirim dan/atau diterima dalam bentuk data yang diolah dan dikirim menggunakan aktivitas aplikasi e-mail dengan memanfaatkan peralatan elektronik computer dan jaringan internet. Melalui e-mail ini kita bisa saling berkirim surat sebagaimana layaknya saling berkirim surat biasa , hanya dalam wujud surat yang berbeda , bukan berupa kertas. Beragam jenis data dan informasi yang bisa dikirim melalui e-mail , yaitu bisa berupa teks atau goresan pena , gambar , bunyi , dan video.
2) Milis
Milis atau mailing list ialah layanan di dalam Internet yang digunakan untuk berdiskusi melalui e-mail. Diskusi dalam milis bisa dikelompok-kelompokkan berdasarkan kategori atau topik dan kelompok tertentu. Misalnya topik wacana pekerjaan , urusan ekonomi , pendidikan , hobi dan lain-lain atau kelompok organisasi guru. Salah satu penyedia mailing list (server) yang paling terkenal ialah Yahoo!. Untuk bisa melaksanakan diskusi di milis atau mailing list , kita harus terdaftar terlebih dahulu di penyedia mailing list , misalnya di Yahoo! Groups. Kalau sudah terdaftar artinya kita sudah memiliki kanal untuk masuk ke dalam kelompok-kelompok diskusi di mailing list yang sudah ada. Di sini kita bisa mengirim dan mendapatkan pesan e-mail sesuai dengan tema diskusi tertentu.
3) Chatting
Chatting merupakan kata benda dari kata kerja chat (Inggris) artinya mengobrol. Chatting dalam dunia Internet artinya aktivitas yang tersedia yang digunakan untuk mengobrol atau berinteraksi via internet. Melalui akomodasi ini , kita bisa bisa mengobrol atau berkomunikasi dengan siapa pun dan di mana pun di seluruh penggalan dunia.
4) Facebook
Facebook merupakan salah satu aktivitas aplikasi dunia maya jaringan sosial berbasis internet , di samping aktivitas lainnya. Pencetus dan pengembang aplikasi ini ialah Mark Zuckerberg. Melalui facebook ini kita bisa berkenalan dengan orang gres , reuni dengan teman-teman lama , juga bisa digunakan untuk kepentingan tertentu lainnya missal pendidikan , politik , urusan ekonomi dan sebagainya.
G. Menggunakan TIK untuk mencari informasi pembelajaran
Beberapa mesin pencari yang ada antara lain: Google (http://www. google.com) , Yahoo (http://www.yahoo.com) ,MSN (http://search.msn. com) ,Bing(http://www.bing.com).
Format Pengenalan Fitur
Fitur | Fungsi Fitur Dalam GP Moda Daring |
Page | Fitur di dalam moodle yang berupa laman web yang dapat menyajikan text , gambar , bunyi , video , atau tautan web. Pada GP Moda daring , Page digunakan untuk menampilkan petunjuk atau pengantar sesi |
Folder | digunakan untuk menampung kumpulan file Lembar Kerja (LK) atau materi bacaan. |
Ms Word | digunakan untuk pengelolaan teks , pengelolaan dokumen , dan laporan. |
Adobe Reader | digunakan untuk membaca , memberi notasi , mencari , verifikasi , menandai secara digital dan mencetak data dengan format Portable Document Format atau PDF . |
Book | digunakan untuk memuat materi bacaan yang berisi file media serta teks yang memiliki kegunaan untuk menampilkan detil informasi yang dapat dipecah menjadi beberapa bab dan halaman. |
Lesson | digunakan untuk pendalaman konsep disertai latihan atau penguatan melalui pertanyaan-pertanyaan yang dilengkapi dengan umpan balik |
Forum | dimanfaatkan untuk learning community agar terjadi pembelajaran kolaboratif antar peserta. |
Chat | Fitur di dalam moodle yang digunakan sebagai media percakapan real time (syncrhronous) melalui tulisan. Fitur ini biasanya dimanfaatkan sebagai media komunikasi secara pribadi antara pengampu , Mentor dengan peserta (guru) |
Blog | Fitur di dalam moodle yang digunakan untuk menuliskan catatan , ilham , atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum Pada GP moda Daring , Blog digunakan untuk merefleksikan hasil pembelajaran yang telah diperoleh peserta di setiap simpulan sesi |
Quiz | Fitur di dalam moodle ini dapat memuat banyak pertanyaan/pernyataan dan balasan untuk mengukur kemampuan peserta Fitur ini biasanya dimanfaatkan sebagai penilaian secara formatif dan sumatif |
Questionnaire | Fitur ini dapat dapat memuat banyak sekali jenis pertanyaan/pernyataan untuk memperoleh data dari peserta , dan biasanya dimanfaatkan sebagai alat survey. digunakan sebagai alat untuk mengetahui reaksi peserta terhadap pembelajaran dan pelatihan. |
0 komentar:
Posting Komentar